kerinduanku


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Rabu, 24 Oktober 2012

kebiasaan anak SD di era 90an


Barusan saya cerita  dengan  seorang temanku  waktu  SD, tentang masa lalu . Dan tau nggak ceritanya apa? Masalah percintaaanku sama temenku dulu waktu SD yang bernama Indah Agustina (kecil2 dah pacaran ya?? heheh) juga cerita2 kenangan kami sewaktu masih SD misalnya ketika tidak sempat nonton Kstaria Baja Hitam atau Siluman Ular Putih. Karena kalo sampe ga nonton, pasti besoknya bakalan minder soalnya ga bisa nimbrung untuk cerita. Walhasil terkucilkan deh…. Hu hu hu hu…
Berikut ini sedikit daftar kebiasaan dan problematika anak SD era saya. Mungkin terkesan konyol kalau anak sekarang yang membaca. Tapi sumpah… semua problematika itu saya anggap seru dan asik banget.


  1. Nonton Ksatria Baja Hitam wajib hukumnya. Karena kalau tidak, bisa dianggap tidak gaul. Jadi walaupun nontonnya numpang tetangga di kampong sebelah (karena stasiun TV swasta belum masuk di Malang), ga jadi masalah. Yang peting eksis di dunia Gorgom.
  2. Saat adegan Ksatria Baja Hitam mengeluarkan pukulan+tendangan maut atau pedang matahari dan menghancurkan lawannya, semua yang nonton di situ pada bersorak… horeeeeeee (busyet udik amat….ndeso-ndeso)
  3. Biar dianggap sebagai master cerita Ksatria Baja Hitam, saya bela-belain minjem tabloid Fantasi/BOBO di kios depan rumah. Soalnya tabloid Fantasi/BOBO satu2nya majalah yang kasih bocoran ceritanya. Besoknya teman-teman langsung pada nanya saya gimana cerita-nya hari selasa ntar.
  4. Kalau disuruh sama guru kesenian untuk menggambar bebas, 80% persen menggambar Ksatria Baja Hitam. Sampai guru kami jadi kesal. Akhirnya waktu itu sempat diharamkan gambar Ksatria Baja Hitam oleh beliau. Tapi namanya anak-anak tetep aja selalu ada yang nggambar lagi.
  5. Paling suka berburu umbul (kartu remi bergambar) yang ada Ksatria Baja Hitam dan Google V-nya.
  6. Jajanan paling gaul saat itu adalah Chiki, Cheetos, Jet-Z, dan Chitato. Apalagi kalau ada hadiahnya keeping Tazos.
  7. Anak-anak berlomba untuk mengumpulkan Tazos dan ketika istirahat diadu. Yang kalah harus merelakan Tazosnya diambil
  8. Saat Power Rangers muncul anak-anak pada bikin Gasper sabuk yang mirip punya anggota Power Ranggers. Hanya saat itu bikinnya dari kertas lalu digambari sendiri.
  9. Semua pada hafal lagu theme song film anak-anak, terutama yang sudah dibuat versi Indonya. Diantaranya theme song, Ksatria Baja Hitam RX, Pasukan Turbo, Saint Saiya, Sailor Moon, Remi, Pendekar Pemanah Rajawali Yoko, dll.
  10. Di sekolah mungkin hanya saya yang Hafal nama-nama menteri kabinet pembangunannya Pak Harto
  11. Pas tanggal 30 september harus nonton Film Dokumenter G/30/S/PKI… haduh ngeri deh litanya, sampai ga bisa tidur 3 hari.
  12. Pak Harto adalah negarawan yang jadi idola…. He he he he he (belum reformasi choy).
  13. Seneng main ke sawah berenang di sungai ke kebun ladang, maen bola antar SD yang klo istilah sunda disebut luruga. Dan gara-gara itu sering kena marah ortu.
  14. Lagu yang paling disukai adalah lagunya Bondan Prakoso yang Lumba-lumba, Eno Lerian yang nyamuk-nyamuk nakal, Susan dan Ria Enes yang Ada Kodok, Jhosua yang ci ci cit cuit dan Diobok-obok, dan lagu anak-anak lainnya…. Trio Kwek-Kwek juga.
  15. SCTV dan TPI paling rajin menayangkan film India. Bintang eksyen paling ngetop saat itu adalah Mithun Chakrabawthi.
  16. Herannya film eksyen India bintang utamanya kebanyakan bernama Vijay atau Ajay
  17. Musuh dalam film India kebanyakan bernama Tuan Takur.
  18. Baik cowok maupun cewek sangat suka dengan permainan lompat tali, gobaksodor,  “bentengan”, Jumprit Singit (petak umet), memeongan dll
  19. Sering menjodoh-jodohkan teman-teman. Dan biar yang dijodoh-jodohkan makin malu biasanya ada yang iseng nulis “Si-A dan Si-B” kemudian di sekelilingnya digambari hati di atas papan tulis.
  20. Biasanya anak SD iu punya sohib baik. Dan kalo pengen menandakan persahabatan selalu kemana-mana dengan berangkulan.
  21. Pas bulan puasa paling seneng main petasan, dan meriam bamboo
  22. Kalo malam takbiran selalu keliling kampung sambil bawa obor
  23. Sewaktu hari lebarannya sudah siap-siap dengan teman sekampung untuk silaturahim ke tetangga-tetangga
  24. Saat booming film Wiro Sableng “Kapak Naga Geni 212”, anak-anak cowok pada menulis angka 212 di dadanya dengan menggunakan spidol, biar mirip Wiro Sableng katanya.
  25. Pas liburan selalu menunggu kehadiaran film Warkop DKI
  26. Komik yang wajib baca sebagai symbol anak gaul adalah Dragon Ball, Doraemon, dan Saint Seiya.
  27. Doyan jajan es lilin yang harganya cuman 100 perak.
  28. Film barat paling digemari adalah Knight Rider, McGayver, Air Wolf, The Six million Dollar Man, Xena The Warrior Princess, Hercules, dan Star Trek.
  29. Rajin nyolong mangga muda sama jambu biji, juga sawo dan buah2an yang lain
  30. Kalo ada orang gila selalu diikuti sambil disoraki….
  31. LAgu Band paling digemari saatitu adalah Mungkinkah dari Stinky, Kamulah satu-satunya dari Dewa, Tong Kosong dari Slank, Mencari Alasan dari Exist
  32. Lagu favorit saya adalah lagu2 romantic & melankolis : kerindanku AB Three, terlanjur sayang memes,selamat malam elfassinger, hasrat cinta yana yulio dll


Itu tadi beberapa contoh problematika anak SD di era saya… Mungkin belum semuanya tercover. Tapi nanti kalo ingat bakalan saya tambah deh he he he he he…
Gimana anak-anak SD jaman sekarang, pendahulu kalian keren abis khan????


Tidak ada komentar:

Posting Komentar