kerinduanku


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Sabtu, 20 Oktober 2012

Musik Era 90an tidak ada matinya

Akhir-akhir ini di Indonesia dalam hal ini dunia musik sedang demam boyband ataupun musik dari negeri Korea (K-Pop). Para penggemar ini rata-rata kebanyakan dari kalangan ABG atau remaja yang lebih banyak menampilkan sisi fisik atau stylenya saja, mulai dari ketampanan atau kecantikan personelnya ataupun mode pakaian sang artis. Pertanyaannya adalah, sejauh mana band-band atau boyband ini akan bertahan?? Kalau mau lihat, sudah ada yang muncul kemudian tenggelam karena mungkin salah satunya kualitas musiknya ataupun personelnya

Saya tidak akan menilai kualitas musik, karena bukan kapabilitas saya. Saya hanya pendengar saja, tetapi sedikit-sedikit bisa merasakan, mana musik yang akan bertahan lama atau cuman sesaat. Musik yang masih bertahan adalah musik era 90-an. Saya pun lebih senang mendengarkan musik tahun 90-an daripada musik terbaru. Musiknya luar biasa, seolah-olah tidak ada bosannya saya mendengarkan musik 90-an, tapi jika mendengarkan musik sekarang, cepet bosan dan tidak lama. Meskipun tidak semua musik sekarang membosankan, tetapi hanya beberapa saja yang bisa “nyantel” ditelinga saya dalam kurun waktu yang lama.


Beberapa bukti bahwa musik 90-an itu seolah-olah tidak ada habisnya yakni di aransemen ulangnya lagu-lagu jaman itu, dan ketika mendengarkan radio, hampir semua radio banyak sekali memutar lagu-lagu tahun 90-an dan waktu putarnya porsinya juga tidak sedikit. Sungguh mengasikkan mendengarkan dan menikmati lagu-lagu 90-an. Kita seolang-olah kembali ke jaman dimana lagu-lagu tersebut lagi nge-hits. Lagu-lagunya serasa tak pernah lekang oleh waktu dan terlidas jaman dimana sekarang era musik juga semakin maju, terutama teknologinya. Kenapa musik sekarang kekuatannya ataupun kualitasnya sangat berbeda ya dengan musik-musik era 90-an? Padahal setahu saya, dulu sebuah band kalau mau rekaman itu luar biasa susahnya, seperti JAVA JIVE, KAHITNA, DEWA 19, GIGI, dan lainnya. Sekarang, mudah sekali untuk rekaman dan tidak sedikit sehabis mengeluarkan album pertama, setelah itu tenggelam. Mungkin disinilah salah satu letak kekuatan dari lagu-lagu tersebut. Ah ini hanya pendapat saya saja, dari orang awam yang hanya hobi mendengarkan musik.




Semoga saja kualitas musik Indonesia bisa seperti lagu-lagu 90-an dan tidak berumur pendek. Benar-benar rindu rasanya mendengarkan musik berkualitas dan terjaga eksistensinya. Selamat menikmati musik-musik 90-an dan selamat bernostalgia. Lagu-lagu 90-an memang tidak ada matinya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar