kerinduanku


MusicPlaylistView Profile
Create a playlist at MixPod.com

Jumat, 19 Oktober 2012

Menurunnya Kualitas Musik Indonesia


Melihat perkembangan dunia musik di tanah air sekarang  adalah  hal yang  wajar  jika banyak pihak yang meragukan perkembangan musik di tanah air. namun apakah adil jika dinilai secara sepihak hanya dari satu sisi dan itupun hanya negatif-nya saja? okelah…saya akui bahwa apa yang dijawab sama rekan2 diatas adalah benar adanya. tapi marilah kita tinjau sisi lain dari dunia musik di indonesia.
Industri musik di tanah air sekarang berkembang sangat pesat. meskipun minim skill, tapi banyak yang berani muncul ke hadapan publik dan membawakan karyanya. industri musik secara tidak langsung menjadi lahan penghidupan bagi beberapa orang. baik itu musisi, promotor, media massa, EO, bahkan tukang bajak. konsumsi masyarakat akan musik dalam negeri semakin meningkat. antusiasme masyarakat juga semakin tinggi. ketika konser, maka berduyun-duyun mereka datang dan menikmati apa yang disuguhkan musisi dalam negeri. penjualan cd musik, RBT, NSP, ataupun mp3 kini semakin marak. banyak yang bisa menikmati manfaat dari fenomena ini. inilah bukti bahwa musik di tanah air tidaklah nol besar.
Jika kita berbicara musikalitas, idealisme, karya seni, dan keberagaman maka luaskan pandangan dengan fakta sebenarnya yang ada di lapangan. terdapat banyak musisi jalur indie dan lingkungan underground yang mampu membawakan berbagai jenis musik dengan nilai seni dan idealisme yang tinggi. banyak band/musisi jalur indie bermunculan dan meramaikan dunia kedua musik di tanah air. tapi perlu diingat bahwa karya seni yang tinggi belum tentu akan merakyat. popularitas suatu karya seni akan ditentukan oleh seberapa besar jumlah konsumen yang menikmatinya. dan selera konsumen tentunya akan sangat berbeda satu dengan lainnya. dengan kata lain suatu karya seni yang bernilai tinggi tidaklah wajib harus dinikmati semua orang. semua orang bebas memilih apa yang mau mereka nikmati. lalu pantaskah bila kita menjudge/memandang rendah selera musik orang lain yang tidak mampu menikmati karya2 seni seperti ini? tidak, karena itu artinya kita tidak bisa menghargai perbedaan.
biarkanlah orang lain berkarya dengan karakter mereka sendiri. yang menilai mereka bukan hanya kita, tapi publik yang jauh lebih besar. jika kita ingin berkarya, maka berkaryalah dengan karakter kita. dan tentu saja, publik juga yang akan menilai kita. segala kelebihan dan kekurangan diterima dengan lapang dada dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik  .
Memberikan saran dan kritik memang perlu. tapi kalau semua pihak selalu pesimis dan memandang rendah musik di tanah air, maka saya yakin dunia musik di tanah air tidak akan pernah bangkit untuk menjadi lebih baik.http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/menurunnya-kualitas-musik-indonesia/http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/menurunnya-kualitas-musik-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar